Beranda lingkungan Gempa Bumi Guncang Bahodopi,Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Guncang Bahodopi,Tidak Berpotensi Tsunami

8032
0

Bahodopi, Portalsulawesi.Id- Gempa bumi menguncang wilayah kecamatan Bahodopi , hentakan gempa bumi terjadi pertama kali pada senin, ( 04 / 01/ 2021) pukul 03:13 WITA,dengan kekuatan gempa 4,9 Magnitudo, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.80 LS – 122.20 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tolo, 8 km arah timur Bahodopi Kabupaten Morowali, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho, SE, S.Si melalui siaran pers resmi BMKG pada WAG Info Publik BMKG Sulteng mengatakan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III MMI di Bungku dan Malili. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Guncangan kedua terdata oleh BMKG terjadi pada pukul 04:32 WITA, wilayah Bungku Kab. Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik.



Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 3.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.71 LS – 122.06 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tolo, 21 km arah tenggara Bungku Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 28 km.

Merujuk pada laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Bungku Tengah. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pemerintah melalui BMKG terus melaporkan update data terbaru terkait guncangan gempa bumi melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Sementara itu, dari laporan warga diketahui sejumlah sarana dan prasarana dalam lingkup PT IMIP rusak, belum ada informasi resmi dari PT IMIP terkait hal ini.

Tetapi dari foto foto yang didapatkan redaksi Portalsulawesi terlihat sejumlah bangunan dalam kompleks PT IMIP retak bahkan roboh , diparkiran Motor karyawan tampak ratusan motor tampak jatuh berhamburan.

Kapolsek Bahodopi ,Iptu Zulfan coba dihubungi redaksi Portalsulawesi belum banyak memberikan informasi dikarenakan masih terus mengumpul informasi terkait dampak kerusakan.

” Kami masih melakukan pendataan, sabar ya ” ungkapnya singkat.***

Laporan : Hakim
Editor. : Heru