Beranda News Gugatan Muktar-Bakri Ditolak, Pasangan Amanah Melenggang Pasti Menuju Pelantikan

Gugatan Muktar-Bakri Ditolak, Pasangan Amanah Melenggang Pasti Menuju Pelantikan

555
0

Tolitoli, Portalsulawesi.Id– Putusan Dismisal Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Tolitoli yang diajukan oleh Muchtar Deluma dan Bakri Idrus sebagai pasangan calon bupati nomor urut 2 menjadi sinyal kuat kemenangan mutlak pasangan Amran Hi.Yahya dan Mohamad Besar Bantilan dalam Pilkada Tolitoli tahun 2020.

Dalam amar putusan majelis hakim konstitusi menyatakan permohonan pihak pemohon tidak dapat diterima, dengan dibacakannya putusan tersebut maka pelantikan Pasangan Amanah tinggal menunggu waktu.

Putusan MK soal perselisihan hasil Pilkada Tolitoli ini tertuang dalam putusan bernomor NOMOR 40/PHP.BUP-XIX/2021. Kuasa Hukum Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli Nomor Urut 3 Amran Hi. Yahya  dan Moh. Besar Bantilan,

Kuasa hukum Paslon terpilih Bupati Tolitoli tahun 2020, Irfan Siduppa mengatakan putusan tersebut sesuai dengan eksepsi mereka.

“Amar putusan hakim dalam eksepsi menyatakan eksepsi pihak termohon dan pihak terkait berkenaan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum,” kata Irfan melalui telepon selulernya,Rabu (17/02/2021).



Menurut dia, putusan hakim ini sudah mereka prediksi sebelumnya, bahwa pemohon akan tersandung syarat ambang batas selisih suara, sebagaimana ketentuan pasal 158 UU Pilkada.

Sehingga lanjutnya, hal itu berimplikasi kepada semua dalil gugagatan yang dicantumkan dalam permohonan yang diajukan pemohon.

“Karena pemohon tidak memiliki kedudukan hukum, otomatis semua dalil gugatan tidak dipertimbangkan oleh Mahkamah,” sebut Irfan.

Kepada portalsulawesi, Irfan Siduppa mengharapkan semua pihak dapat legowo menerima putusan MK tersebut , kedepan dirinya akan lebih fokus mengawal jalannya pemerintahan.

” kedepan ,mari kita bersama mengawal jalannya pemerintahan , usai sudah perdebatan yang tidak penting ” pungkasnya.****

Pewarta : Yudha
Editor : Heru