Beranda lipsus Lelet dan Menyebrang Tahun, Proyek Menara Pandang Dampingan Polres Parimo

Lelet dan Menyebrang Tahun, Proyek Menara Pandang Dampingan Polres Parimo

774
0

Parimo,Portalsulawesi.Id- Pembangunan dua menara pandang yang berada di Kabupaten Parigi Moutong (PARIMO) yakni di Desa Katulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan dan Desa Salumpengut Kecamatan Moutong terkesan lelet, proyek ratusan juta tersebut memasuki minggu pertama dibulan Januari 2021 belum terlihat rampung.

Padahal,Proyek yang bertujuan untuk penataan daerah tujuan wisata unggulan tersebut seharusnya sudah selesai pada tangal 29 Desember 2020, kenyataannya saat ini pekerjaan fisik masih belum mencapai 70 persen.

Proyek tersebut dihelat ditriwulan akhir tahun 2020 ini dikerjakan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 dari Pos APBD Kabupaten Parigi Moutong dengan nilai kontrak Rp 232.830.261.

Dipapan informasi proyek dicantumkan bahwa waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 140 hari kalender dengan tanggal mulai per 12 Agustus dengan masa akhir kerja tanggal 29 Desember 2020.



Proyek yang dipercayakan ditangani oleh Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parimo ini dimenangkan oleh CV. NISA DIKA MEMBANGUN dengan Nomor Kontrak 027/01SP/PK/PKK.PD TWU/DISPORAP AR /VIII/2020.

Padahal, proyek pembangunan Menara Pandang dipesisir laut teluk Tomini ini merupakan belanja modal pengadaan barang bukan gedung di dampingi oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan TIPIKOR Polres Parimo.

Agil, Kontraktor pelaksana saat ditemui di Desa Salumpegut Kecamatan Moutong yakin bahwa pelaksanaan proyek yang ditanganinya akan selesai tepat waktu.

“Kami.optimis bisa selesaikan pekerjaan ini tepat waktu, saat ini sudah capai 70 persen bobotnya ” jelas Agil, sabtu (19/12/2020) silam.

Optimisme Agil selaku kontraktor pelaksana dikarenakan proyek yang dikerjakannya didampingi APIP dan Kepolisian Resor Parimo khususnya Unit Tipikor dari Krimsus.

“Proyek kami diawasi oleh APIP dan Tipikor Polres Pak, mereka biasa mengontrol kami kerja ,makanya kami yakin bisa selesai tepat waktu ” ujarnya sambil menunjukkan papan Proyek.

Papan Proyek Pembangunan Menara Pandang pada Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parimo tahun 2020 yang didampingi oleh APIP dan Tipikor Polres Parimo (Foto: Refordi)

 

 

Kenyataannya, di minggu pertama tahun 2021 tampak pekerjaan tidak mengalami kemajuan yang berarti.

Tampak balok penyangga penopang Mal untuk pengecoran tiang pada lantai dua pada proyek menara pandang masih terlihat , pekerjaan konstruksi menara masih
Terlihat sama seperti saat dikunjungi bulan desember awal tahun 2020 silam.

Belum ada keterangan lebih jauh dari kontraktor pelaksana terkait penyebab lambannya proses penyelesaian proyek pembangunan menara pandang tersebut , kontraktor pelaksana dihubungi lewat nomor Handphone 0853 4183×××0 hingga berita ini tayang belum merespon.***

Penulis : Refoldi /Arif Ashari
Editor. : Heru