Beranda News Seluruh Daerah di Sulteng Raih WTP LKPD Tahun 2019

Seluruh Daerah di Sulteng Raih WTP LKPD Tahun 2019

9
0
Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola saat menerima piagam penghargaan opini WTP Tahun 2019 dan plakat capaian WTP lima kali berturut-turut, dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Irfa Ampri, Ph.D, di Gedung Pogombo. Kamis (12/11) (FOTO : IST)

PALU,Portalsulawesi.id  – Seluruh kabupaten/kota se Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng) sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun anggaran 2019.

“Alhamdulillah untuk yang pertama kalinya LKPD provinsi, kabupaten dan kota se Sulteng, secara keseluruhan memperoleh WTP,” kata Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si saat menerima piagam penghargaan opini WTP Tahun 2019 dan plakat capaian WTP lima kali berturut-turut, dari Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Irfa Ampri, Ph.D, di gedung Pogombo. Kamis (12/11).

Kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 itu, turut dihadiri para bupati dan Pjs se Sulteng, serta Plt Walikota Palu, Sigit Purnomo Said, Forkopimda dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Sulteng.

Dikesempatan itu, Gubernur Longki mengaku, bahwa hal paling membanggakan dibenaknya adalah, raihan tujuh kali WTP, termasuk di dalamnya prestasi enam kali berturut-turut WTP atas hasil pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2014 sampai 2019.

“Saya bermimpi tahun 2021 tetap WTP dan InsyaAllah ini tanggungjawab kita bersama, dan pertanggungjawaban kita kepada masyarakat,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan itu, gubernur mewanti agar semua pemangku kepentingan, untuk mempertahankan pengelolaan keuangan daerah yang tetap akuntabel. Mengingat pandemi yang belum pasti kapan akan berakhir.

“Tahun depan mungkin kita masih dihadapkan dengan kondisi pandemi covid-19, jadi jangan pernah berpikir ini adalah kondisi sementara untuk beberapa bulan,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Kakanwil Irfa Ampri menyampaikan, jumlah Pemda peraih opini WTP tahun ini mengalami kenaikan signifikan dibandingkan periode sebelumnya.

Dari data kementerian keuangan, 486 dari 542 atau setara 89,7 persen Pemda meraih opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD Tahun 2019, yang meliputi 34 Pemprov, 87 Pemerintah kota (Pemkot) dan 365 Pemerintah kabupaten (Pemkab) se Indonesia.

“Bila dibandingkan tahun 2018, keberhasilan Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD 2019 meningkat 7.9 persen,” tambahnya.

Dipenghujung, Irfa Ampri berharap, agar prestasi yang sudah ditorehkan dapat terus dipertahankan, dan Sulteng dapat menjadi contoh keberhasilan pengelolaan keuangan daerah bagi Pemda lainnya.

“Semoga dapat memotivasi Pemda lainnya dalam mengelola keuangan daerah secara akuntabel, transparan dan partisipatif,” tandasnya. (MH)