Beranda News Hidayat-Habsa Ziarahi Makam Tokoh Palu di Hari Pahlawan

Hidayat-Habsa Ziarahi Makam Tokoh Palu di Hari Pahlawan

11
0

PALU, Portalsulawesi.id – Mengisi kegiatan hari Pahlawan Nasional, Calon Wali Kota Palu, Hidayat ziarah kesejumlah makam tokoh agama di Lembah Palu , Selasa (10/11).

Makam yang diziarahi antara lain, makam Pendiri Alkhairaat, HS Idrus Bin Salim Aljufri (Guru tua), dan makam Mantikulore Dayompoluku, makam Pue Nggari alias Sira Langi. Makam Raja Lembah dan Bula Ngisi, di Kecamatan Tawaeli.

Sore harinya perjalanan ziarah mereka lanjutkan ke makam Dato Karamah. Lalu beranjak ke makam Pue Njidi dan Pue Mpasu.

Dimakam Guru tua yang dikunjungi terakhir. Rombongan Paslon langsung menunaikan salat magrib berjama’ah di masjid Alkhairaat Palu.

Hidayat mengatakan, kegiatan ziarah makam tokoh agama dan raja terdahulu ini merupakan peringatan hari Pahlawan 10 November.

Menurutnya, ziarah ke makam tokoh lembah Palu ini dilakukan atas usulan para pemuda.

“Kalau pemerintah tentunya melakukan kunjungan ke taman makam pahlawan, tapi atas usulan dari pemuda kepada kami, maka menziarahi para tokoh tokoh pendahulu yang mengajarkan agama di Kota Palu,” ujarnya.

Menurut dia, dengan kegiatan ziarah yang ditutup dengan pembacaan doa tahlil yang dihadiri ratusan warga tersebut diharapkan akan mendapatkan berkah.

“Insya Allah dengan mendoakan mereka, maka akan mengalir kepada kita semua jiwa jiwa kepemimpinannya pada diri kita, ini adalah makna yang kita ambil dalam peringatan hari pahlawan ini,” ucap Hidayat.

Adapun tahlilan dihadiri Calon Wali Kota Palu, Habsa Yanti Ponulele, serta Ketua tim Koalisi H2P Abd Rahman,dan ketua DPD PDIP Sulteng Muharam Nurdin. Termasuj sejumlah unsur partai pendukung lainnya

Selain itu pula hadir pula para imam dan pegawai syara,yang berasal dari Kecamatan Tawaeli, Palu Utara, Palu Barat Ulujadi, Palu Selatan tatanga, palu timur mantikulore serta Ratusan warga yang terdiri dari unsur keluarga, para Relawan dan simpatisan Hidayat Habsa Yanti Ponulele.(TIM)